Selasa, 27 Desember 2011

LPJ SEMINAR NASIONAL ISMAFARSI 2011


Seminar Nasional  Be Enterpreneur Why Not???????????????
Pada tanggal 10 desember 2011 ISMAFARSI Komisariat UMS wilayah solo raya mengadakan acara yaitu Seminar Nasional dengan Tema “ Be Enterpreuner Why Not???? Pemilihan tema ini dikarenakan untuk memberikan motivasi berwirausaha khususnya untuk Apoteker sebagai Calon pekerja dalam bidang pelayanan. Mereka tidak hanya melayani masyarakat tetapi di samping itu mereka juga bisa mengembangkan jiwa berwirausaha untuk mengembangakan pemikiran bisnisnya.Kegiatan ini berlangsung di ” GRAHA SABA BUWANA” yang bertempat di daerah Solo.
Ada 3 pembicara yang di dapuk dalam acara Seminar ini yaitu:
1.       Mohammad Sulthon Amien, Drs, MM
2.       Prof. Dr. Nurfina Aznam Nugroho, S.U., Apt.
3.       Setyawan Eka Rahmanta,ST
4.       Ir.Joko WIdodo
Acara ini terbilang cukup sukses karena target peserta yang semula hanya 250 ternyata pada hari h target peserta bertambah menjadi 259 hal ini cukup mengagumkan.Para peserta berasal dari berbagai kalangan yaitu Apoteker ,Dokter, Pengusaha,Perawat serta para mahasiswa jurusan farmasi khususnya yang banyak mendominasi terutama dari UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), USB (Universitas Setia Budi)dan UMP(Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Seminar ini di mulai pukul 07.00 yang di buka dengan pembacaan tilawah yang di bacakan oleh Noormaedah yang merupakan salah satu mahasiswa dari fakultas farmasi UMS.Acara ini berlangsung sangat hikmat.

Kemudian acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia raya yang merupakan lagu kebangsaan dari Negara Indonesia.Paduan suara ini di ikuti oleh semua peserta seminar  yang dipimpin oleh dirigent yang berasal dari fakultas farmasi UMS.

Pada acara selanjutnya adalah sambutan sambutan yang di sampaikan oleh bapak Suprapto S.si  selaku kepala Wakil Rektor III dalam pidatonya beliau berpesan bahwa sebagai mahasiswa harus terus berkarya dan jangan pernah menyerah dalam menggali potensi diri. Dan sambutan yang terakhir adalah sambutan dari Riza Herdianto Darmawan selaku Ketua Panitia dari Seminar Nasional “ Be Enterpreuneur Why Not “dalam pidatonya beliau berpesan bahwa sebagai mahasiswa kita harus meningkatkan kreatifitas kita dalam hal apapun agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang.





Pada acara selanjutnya adalah penyampaian materi yang di sampaiakan oleh Mohammad Sulthon Amien, Drs, MM,  beliau adalah pemilik klinik “Parahitha diagnositic Centre”selain itu beliau juga adalah  aktivis Muhammadiyah.Dalam hal ini beliau meyampaikan bahwa berpikir Enterpreuner itu mudah . tidak hanya para pengusaha yang mempunyai pemikiran ini tetapi Apoteker juga bisa menjadi Enterpreuner yang lebih sukses dari pengusaha - pengusaha sukses lainnya.Dalam penyampaian materi ini beliau memberikan sebuah video tentang atlet baseball yang bimbang akan kemampuannya untuk melempar bola tetapi pada pertandingan ini sang ayah dari atlet itu menonton dan memberi  semangat pada anaknya, dan akhirnya  sang anak dapat memasukkan bola tersebut. Dari video ini dapat di simpulkan bahwa harus ada motivator untuk kita dalam melakukan suatu usaha apapun agar kita terpacu untuk mencapainya.

Materi selanjutnya di sampaikan oleh Ir.Joko Widodo, beliau adalah Walikota Surakarta ,selain itu beliau juga adalah pengusaha Kayu yang sukses, dalam Semianar ini beliau menyampaikan bahwa berpikir enterpreuner harus selalu bisa membaca situasi yang ada di dalam masyarakat serta dalam hal ini dalam menjalankan bisnis tentu ada persaingan di dalam masyarakat, sebagai pengusaha kita harus berpikir positif, pesaing hendaknya jangan di jadikan musuh tetapi jadikanlah tolok ukur untuk mengembangkan usaha kita, sebagai pengusaha kita wajib untuk bersaing dengan yang lain tetapi persaingan harus dalam keadaan persaingan yang sehat dalam hal ini tanpa menimbulkan adanya perselisihan.

Acara selanjutnya adalah penyampaian matei ketiga yang di sampaikan oleh Prof. Dr. Nurfina Aznam Nugroho, S.U., Apt. beliau adalah dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam penyampaikan materi ini sebagai seorang tenaga kesehatan Apoteker khususnya yang bergerak dalm bidang pelayanan obat untuk masyarakat, kita harus pandai memanfatkan sesuatu yang ada di dalam lingkungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Contohnya saja sebagai seorang Apoteker kita dapat memanfaatkan bahan alam seperti  kunyit putih maupun kunyit bias sebagai obat alternative untuk sakit perut, selain itu kita dapat membuat serbuk herba yang berasal dari tanaman jahe selain kita dapat menyadarkan kembali pada masyarakat betapa bergunanya bahan alam yang ada di sekitar kita, dari situ kita juga bias mendapatkan banyak keuntungan dengan cara memproduksi sendiri bahan alam tersebut dan memjulnya kepada masyarakat luas.

Setelah penyampaikan materi dari 3 pembicara acara di lanjutkan dengan ice breking yang terdiri dari pembagian doodrprize , serta makan siang siang. Pada saat ini berlangsung para peserta di suguhkan dengan penampilan akustik dari teman teman mahsiswa farmasi UMS abkatan 2009 dan 2011 yang terdiri dari Aam, Rozi,Nila,dll mereka membawakan lagu jangan menyerah milik d’Massive lagu ini menggambarkan tentang ketegaran seseorang dalam mencapai keinginan yang di capai.

Setelah acara ice breaking selesai acar di lanjutkan kembali dengan penyampaian materi dari bapak Setyawan Eka rahmanta atau lebih di kenal dengan nama Setyawan Tiada Tara. Beliau adalah motivator yang gaya penyampaiannya sangat humoris sehinnga membuat para peserta tersenyum geli melihat dan mendengar ceritanya. Dalam penyampaian materi dalam hal ini meskipun penyampaiannya di selingi dengan humor tetapi beliau tetap konsisten dengan penyampaian materinya.dalam hal ini beliau berkata jangan mengganggap sesuatu itu sulit dan berat . jalanilah dengan kkesenangan dan jangan jadikan semua itu menjadi beban.
Penyampaian materi dari bapak setyawan Tiada Tara ini sekaligus menjadi acara penutup yang di tandai dengan pemberian sebuah kenang kenangan untuk semua pembicara , dan juga pembagian sertifikat untuk para peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar